SEBAIKNYA WASPADA TERHADAP 5 TIPE TEMAN SEPERTI BERIKUT

Dalam hidup kita butuh bersosialisasi. Nah, salah satu bentuk sosialisasi kita adalah dengan berteman. Hidup nampaknya lebih indah dan berwarna bila kita memiliki banyak teman. Dengan teman, kita bisa melakukan banyak hal. Nonton, makan, liburan, hangout, tempat sharing, bahkan ada juga yang dari teman jadi pasangan. Ops!

(gambar: www.wikihow.com)

(gambar: www.wikihow.com)

Tentunya sifat dan karakter dari teman yang kita miliki bermacam-macam. Seperti halnya kita sendiri yang mungkin di mata orang lain seperti ini dan itu. Begitupun teman kita yang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda pula. Meski demikian,ada beberapa sifat yang tentunya tidak bisa ditolerir terlebih jiak dilakukan berulang kali. Nah, teman seperti apa sih yang sebaiknya kita waspadai :

  1. Bohong

Tentunya tak ada dari kita yang suka dibohongi. Terlebih jika yang berbohong adalah teman yang sudah kita percayai. Sakitnya mungkin akan berlipat. Berbohong sekali, akan menjadi pintu bagi kebohongan yang kedua. Jika seseorang berbohong terhadaphal kecil, bisa jadi besoknya dia akan berbohong terhadap sesuatu yang besar. Bohong ini juga bisa jadi kebiasaan buruk yang akan menyebabkan orang yang berbohong tidak merasa bersalah bila sudah sering melakukannya.

  1. Pelit

Akan ribet jika punya teman pelit. Kemana-mana serba perhitungan. Hemat tidak masalah, namun jika sudah mengarah ke pelit apalagi kikir, pastinya akan sangat mengesalkan.

  1. Suka Ngutang

Akan sangat menyenangkan jika kita kesulitan ada teman yang selalu membantu, kita pun wajib membantu teman yang sedang kesulitan termasuk menyangkut keuangan. Dengan catatan ia memang benar-benar dalam kesulitan, diperuntukkan untuk hal-hal yang benar, serta akan dikembalikan. Sebab, menagih pada teman sendiri tentunya akan lebih tidak mengenakkan dibandingkan dengan orang lain.

  1. Gossip

“Ada yang tersinggung?”

Bergosip sangat lekat dalam hubungan sosial terutama wanita. Namun waspada saja terhadap teman yang sering menceritakan aib atau keburukan orang lain. Jika hari ini dia menceritakan keburukan orang lain di depanmu, maka bisa jadi besok dia akan menceritakan keburukanmu di depan orang lain.

  1. Pemalas

Teman yang baik adalah teman yang membuat kita menjadi lebih baik atau berusaha menjadi lebih baik. Berteman dengan orang-orang yang memiliki cita-cita, semangat hidup, dan aktif tentunya akan membuat kita lebih baik dibanding berteman dengan pemalas. Tapi, jangan lupa juga untuk memberi semangat pada teman kita yang mungkin sedang ‘malas’, karena bisa jadi teman kita butuh penyemangat termasuk kita.


 

Itu tadi 5 tipe teman yang perlu kita waspadai. Mungkin masih ada karakter lain teman kita yang tidak kita sukai. Tak masalah berteman dengan siapa saja. Sebab kita punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hanya saja, kita perlu waspada terhadap hal-hal yang akan merugikan.

“Berteman dengan penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau akan mendaptharum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi percikan apinya akan mengenai pakaianmu, atau engkau akan mendapat bau asapnya yang tak sedap” (HR Bukhari dan Muslim). Hadits dari Rasulullah di atas adalah pengandaian tentang pertemanan dengan orang baik dan bruuk.

Kita dianjurkan untuk berteman dengan orang baik agar kita bisa mendapat manfaat dan kebaikan darinya.

 

 

(Visited 151 times, 1 visits today)

About Ruris

Muslimah. Mahasiswi. Perawat. Physiologist wanna be. Great writer one day. Senang belajar ini dan itu. Berteman dengan siapa saja. Love at writing, reading, travelling, eating and sleeping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *