5 Hal yang Bisa Kamu Alami di Usia 20-an

Usia 20-an merupakan usia seseorang mencapai masa kematangan. Usia yang di dalamnya seseorang berpikir lebih bijak dan dewasa. Usia yang tidak boleh di sia-siakan sebab banyak hal yang bisa terjadi di usia ini. Usia yang menurut saya pribadi menentukan masa depan seseorang.

Nah, apa saja yang bisa terjadi di usia 20-an, mungkin kamu mengalami salah satu, dua atau bahkan semuanya

1.WISUDA

Rata-rata pendidikan sarjana di Indonesia diselesaikan di usia 20. Jika seseorang masuk SD di usia 7 tahun, maka ia akan menyelesaikan SMA kira-kira di usia 18 tahun (kecuali bagi mereka yang menjalankan program akselerasi atau malah tinggal kelas). Bila ia melanjutkan studi ke perguruan tinggi tanpa menganggur terlebih dulu yang kira-kira diselesaikan dalam jangka waktu 3 atau 4 tahun maka ia akan wisuda diploma atau sarjana di usianya yang ke 21 atau 22 tahun. Ada juga beberapa yang memilih menjalankan program profesi misalnya pendidikan guru, apoteker, dokter, perawat dan lain-lain atau bahkan melanjutkan pendidikan pascasarjana selepas sarjana sehingga tak sedikit yang wisuda dua atau bahkan tiga kali di rentang usia 20-an. Nah, kalian yang mana?

1

(Foto: http://bahasa.aquila-style.com)

2. BEKERJA  ATAU BERKARIR

Usia 20-an merupakan awal dari usia produktif. Banyak yang memilih bekerja selepas menyelesaikan pendidikan diploma atau sarjana. Malah, banyak yang memilih bekerja selepas SMA. Di usia ini, seseorang biasanya mulai meniti karir, entah bekerja di instansi swasta, pemerintah, pekerja lepas. Atau banyak juga yang mulai merintis bisnis dan usaha sendiri.

(Foto : http://sherrycooper.com)

(Foto : http://sherrycooper.com)

3. BERUMAH TANGGA

Rata-rata usia pernikahan wanita di Indonesia adalah 19,5 tahun untuk perempuan dan 25,2 tahun untuk laki-laki (Federasi kependudukan Internasional). Menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) jika ditinjau dari segi kesehatan reproduksi, wanita menjadi seorang ibu lebih baik pada usia mulai 20 tahun. Dan di sekitar kita, entah itu teman, sahabat, saudara, menikah di usia 20-an. Menikah, hamil, dan memiliki anak rata-rata di usia ini. Selain itu, banyak di antara kita yang bercita-cita berkeluarga di usia ini. Tampaknya, usia ideal untuk menikah memang di usia ini. Namun jodoh, tetaplah di tangan Tuhan. Bagi yang belum, tetap bersabar menanti yang terbaik yah.

(Foto: https://gentlemenhood.com)

(Foto: https://gentlemenhood.com)

4. MANDIRI

Di usia 20-an ini,  seseorang akan lebih mandiri. Banyak hal yang kita lakukan tidak lagi merepotkan orang tua dan keluarga. Mungkin kemandirian ini juga karena lebih mandirinya kita akan financial dan lebih dewasa dalam berpikir dan rasa tanggung jawab sehingga berusaha untuk tidak merepotkan orang-orang di sekitar. Bagi yang telah menikah, kemandirian itu timbul karena adanya keluarga baru.

4

5. MENENTTUKAN KEPUTUSAN

Banyak hal penting yang seseorang putuskan seseorang di usia 20. Dalam hal karir, pendidikan, dan keputusan untuk berkeluarga. Orang tua cenderung membebaskan anaknya memilih keputusan penting untuk hidupnya dalam usia ini meski tetap akan ada pertimbangan-pertimbangan dari orang tua dan keluarga terdekat. Plihan-pilihan yang diambil di usia ini jua banyak menentukan masa depan.

(Foto : detiklife.com)

(Foto : detiklife.com)


Mungkin 5 hal inilah yang bisa dialami di usia 20-an. Pasti masih banyak yang kalian alami bukan?Apapun itu, pastikan kalian tidak melewatkan usia 20-an ini dengan hal-hal yang tidak berguna :-)

(Posted before at rurisharistiani.tumblr.com)

(Visited 84 times, 1 visits today)

About Ruris

Muslimah. Mahasiswi. Perawat. Physiologist wanna be. Great writer one day. Senang belajar ini dan itu. Berteman dengan siapa saja. Love at writing, reading, travelling, eating and sleeping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *